Kamis, 22 September 2011

Membuat Penguat Sinyal UMTS modem PCMCIA ala anak kost

Kesel banget gak sih kalau di kost-kostanmu dapet sinyal UMTS-nya kecil, bahkan sering putus nyambung(kayak lagu BBB). biar stabil terpaksa pakai jaringan GPRS dan kecepatan pun musti rela dijadikan tumbal atas ketidak adilan ini. “salah sendiri nyari kost di pinggiran banget, ntu mah derita loe..ha..ha..”ledek sahabatku yang puas melihatku merana di kost-kostan..hua..hua..

Sesuai janji saya di posting sebelumnya, saya ingin membuat sendiri penguat sinyal yang super murah / hampir gratis (klu dirumah sdh ada bahan yang diperlukan), kalaupun belum ada bahannya seperti saya ini, tenang aja modalnya masih di bawah Rp.15.000,-..kok :D ..

Sebetulnya ide penguat sinyal UMTS ini berawal dari penjelajahan saya di youtube. yang saya lakukan cuma sedikit mengembangkan dari video tersebut. fungsi semula penguat sinyal di video itu dibuat untuk penguat sinyal wifi, dan saya menirunya untuk di fungsikan untuk penguat UMTS ..90 % teknik pembuatannya sama, cuma beda cara pemasangannya saja..

Baiklah, supaya ndak tambah bingung kita langsung aja mulai merakit..

bahan-bahan yang di butuhkan :

1. sebuah bekas cover CD.

2. alumunium foil.

DSC00081DSC00085

alat-alat:

1. gunting.

2. solasi ban.

3. lem.

Pembuatannya sangat sederhana dan mudah, dari bekas cover CD diatas dibungkus menggunakan alumunium foil sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini:

DSC00082

Kemudian gunakan solasi ban untuk merekat bagian belakangnya agar tidak lepas. lebih baik lagi bagian dalam cover CD di lem agar tidak mudah sobek alumunium foilnya.

Beres, mudah sekali.. saatnya untuk membuktikan apakah percobaan ini berhasil atau tidak.

SEBELUM :

tanpa penguat sinyalsignal-down

SESUDAH :

menggunakan penguat sinyal...signal-up

jika sudah seperti diatas maka tinggal membuat pegangannya agar gak capek megangin.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.